Senin, 19 April 2010

Genset


Apa itu GENSET ? Bagaimanakah cara kerjanya ? Apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari ? Mmmmmmmmm..... GENSET. Genset singkatan dari Generator Set.

Salah satu mesin penggeraknya adalah diesel. Suatu mesin diesel genset terdiri dari :
1.) Prime mover atau penggerak mula, dalam hal ini mesin diesel
2.) Generator
3.) AMF (Automatic Main Failure) dan ATS (automatic Transfer Switch)
4.) Baterai dan Battery Charger
5.) Panel ACOS (Automatic Change Over Switch)
6.) Pengaman untuk peralatan
7.) Perlengkapan instalasi tenaga

Cara kerja genset adalah dengan ditopang oleh AVR (Automatic Voltage Regulator). Di dalam AVR terdapat Mutual Reactor yaitu semacam trafo jenis Current Transformer yang menghasilkan arus listrik berdasarkan besaran arus beban yang melaluinya (secara rangkaian seri). Arus listrik yang dihasilkan ini digunakan untuk memperkuat medan magnet pada belitan rotor. Sehingga untuk beban yang besar, arus yang dihasilkan juga besar. Namun, untuk menjaga kestabilan AVR tidak hanya dengan AVR saja, genset juga dilengkapi System Governor untuk menjaga kestabilan Rotation Power Momentum sehingga bisa dihasilkan frekuensi putaran yang stabil pada saat atau tidak ada beban, hal ini bisa dilakukan dengan mengatur supply BBM (biasanya solar) pada genset.

Manfaatnya ketika terjadi pemadaman catu daya utama (PLN) maka dibutuhkan suplai listrik cadangan dan pada kondisi tersebut Generator-Set dibutuhkan untuk membangkitkan tenaga listrik. Jadi, saat mati lampu kita masih bisa mnggunakan listrik dengan bantuan genset walaupun dengan kapasitas yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar