Sabtu, 17 April 2010

PEMUAIAN PADA TUTUP BOTOL KACA


Pemuaian adalah suatu gejala penambahan ukuran pada sebuah benda atau zat akibat kenaikan suhu. Bila suatu zat dipanaskan (suhunya dinaikkan) maka molekul-molekulnya akan bergetar lebih cepat dan amplitudo getaran akan bertambah besar, akibatnya jarak antara molekul benda menjadi lebih besar dan terjadilah pemuaian.

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa jumpai beberapa peristiwa pemuaian. Misalnya saja pemasangan kaca pada jendela, pemasangan jaringan listrik dan telepon, pemasangan sambungan rel kereta api, pemasangan bingkai besi pada roda pedati serta keping bimental.

Tetapi kali ini saya melakukan riset tentang pemuaian pada tutup botol kaca. Saya pun pergi ke sebuah warung yang ada di dekat rumah saya. Saya membeli sebuah minuman dingin yang baru saja diambil dari freezer. Sesampainya di rumah, saya pun membuka tutup botol minuman tersebut. Namun, tutup botol itu sedikit sulit untuk dibuka. Mengapa demikian ?? Ternyata setelah saya cari tahu, hal itu terjadi karena suhu yang dingin dari freezer membuat tutup botol yang terbuat dari seng menyusut. Sehingga sulit dibuka. Agar lebih mudah untuk dibuka, maka saya perlu membuat tutup botol itu menjadi panas sehingga memuai. Dengan cara menyiram air panas pada tutup botol tersebut. Karena siraman air panas pada tutup botol yang terbuat dari logam (seng), sehingga membuat tutup botol menjadi lebih longgar dan mudah untuk dibuka. Hal ini dikarenakan tutup botol memiliki koefisien muai yang lebih besar daripada botol yang terbuat dari kaca.

Jadi, kita tidak perlu bingung-bingung untuk membuka tutup botol yang sukar untuk dibuka. Apalagi saat kita sedang kehausan.



3 komentar:

  1. Makasih sudah beritahu saya tentang jawaban ini 🙂🙂

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya jawaban nya mudahin aku ngerjain pr ,makasih banyak ya

    BalasHapus